Kamis, 03 November 2011

membuat database dengan delphi..

Database dalam Delphi

Pengertian Database
Database adalah suatu pengorganisasian data dengan tujuan agar data dapat diakses dengan mudah. Sebagai contoh, database dapat diterapkan untuk dikelola. Pada umumnya, sebuah database terdiri atas sejumlah table.
Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi (Wikipedia).
Tingkatan dari database adalah :
  • Database adalah  gabungan dari record dan field yang sejenis
  • Record adalah gabungan dari beberapa field.
  • Field adalah elemen yang terkecil dari suatu data.
  • Items adalah elemen huruf atau angka yang terdiri dari satu buah.
Database Dalam Delphi
Delphi menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mengolah database. Berbagai format database dapat diolah dengan Delphi. Format data base yang dapat diolah oleh Delphi yaitu : Format Paradox, dBase, Ms-Acces, ODBC, SyBase, Oracle dan lain-lain. Sebelum Delphi, Borland sudah lama mengeluarkan program untuk manajemen database yang sangat terkenal , yaitu program Paradox. Dengan Delphi , kemampuan yang ada pada program Paradox menjadi lebih baik dan makin sempurna.
Meskipun Delphi dapat mengolah bermacam-macam format database, tetapi dalam modul ini hanya akan menggunakan contoh format database Paradox saja, karena pada intinya cara penggunaan dan pengolahannya sama dengan format database lain. Oleh karena itu, diharapkan nantinya anda tetap dapat menyesuaikan pengetahuan dari modul ini untuk dapat mengolah database  dengan format lainnya.
Menggunakan Database Desktop
Biasanya , jika kita ingin membuat suatu program aplikasi untuk manajemen database . Kita memerlukan  file database yang akan diproses. Untuk membuat file database, kita dapat menggunakan program database Desktop. Database Desktop adalah suatu program “Add-Ins” yaitu program terpisah yang ditempelkan dalam Borland Delphi, sehingga dapat dipakai sebagai bagian dari program Delphi. Database Desktop akan kita pelajari secara terbatas, terutama untuk membuat dan mengedit struktur database.
A.   Memanggil Database Desktop
Klik menu Tools, Database Desktop

B.   Membuat File Database
Dalam membuat file database dengan format Paradox, satu file database hanya berisi satu table database. Jadi agak berbeda dengan format MS-Acces yang memungkinkan membuat beberapa table dalam satu file database.
C. Cara membuat file database
  1. Pilih menu File, New, Table sehingga muncul window database format.

  2. Pilih tipe atau format tabel yang diinginkan. Misal Paradox 7.

  3. Pada kolom Field Name, tentukan nama field yg diinginkan.
  4. Tentukan tipe field pada kolom type.
Pada kolom Field Name, tentukan nama field yang diinginkan. Nama field adalah nama pengenal suatu kolom dalam database. Aturan untuk pemberian nama field adalah seperti berikut :
  1. Maksimum panjangnya 25 karakter
  2. Tidak boleh diawali spasi, tetapi boleh mengandung spasi.
  3. Harus unik, yaitu tidak boleh ada yang sama dalam satu table.
  4. Jangan menggunakan tanda koma (,), tanda pipe, dan dan tanda seru ( !).
  5. Hindarkan penggunaan kata perintah SQL, misalnya Select, Where, atau Count.
  • Tentukan tipe field pada kolom type. Tipe field ini menentukan tipe data yang ditampung dalam field. Untuk menampilkan nama field yang tersedia, teka tombol spasi atau klik kanan.
Tipe Field yang Sering Dipakai
  • A (Alpha), untuk menampung kumpulan karakter huruf, angka, dan karakter ASCII yang dapat tercetak. Lebar field tipe ini antara 1 sampai 255 byte.
  • N (Number), untuk menampung data angka yang dapat dihitung. Jangkauan yang dapat disimpan adalah : – 10307 to 10308 dengan 15 digit angka signifikan.
  • $ (Money), sama dengan Number tetapi defaultnya data ditampilkan dengan desimal dan pemisah ribuan (sama dengan Currency). Karakter pemisah decimal dan pemisah ribuan tergantung dari Regional Setting dari system operasi Windows. Tipe field ini sangat cocok untuk angka yang menunjukkan nilai mata uang.
  • D (Date) untuk menampung data tanggal sampai dengan 31 Desember 9999.
  • T (Time), untuk menampung data waktu dalam 24 jam sampai hitungan mili detik.
  • S (Short) untuk menampung bilangan bulat antara -32 , 767, sampai 32, 767.
  • I (Long Integer) untuk menampung bilangan bulat dengan nilai antara -2147483648 sampai 2147483647
  • M ( Memo), untuk menampung data memo. Data Memo biasanya dipakai untuk menyimpan data seperti tipe Alpha, tetapi isinya bias sangat besar dan dapat terdiri atas bebrapa baris. Di sisi lain , biasanya dipakai jika tidak semua record membutuhkannya , misalnya catatan prestasi karyawan, catatan criminal dan lain-lain. Data Memo disimpan dalam file terpisah  (berakhiran .MB)
  • F (Formatted Memo), untuk menampung data memo yang dapat mempunyai format, misalnya font tertentu, warna text dan lain-lain.
  • G (Graphic), untuk menampung data gambar. Perlu diperhatikan bahwa data gambar sebetulnya disimpan dalam file yang terpisah. Jadi yang tersimpan dalam table hanyalah informasi yang menghubungkan dengan data gambar tersebut.
  • L (Logical), untuk menampung data tipe Boolean True dan False.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar